Pembelajaran "Membedakan antara Singkatan dan Akronim melalui Game" Kelas 5 - SDN 16 Salama

Kota Bima (9/1) - Proses pembelajaran akan lebih bermakna dan membangkitkan semangat bila dirancang dengan model pembelajaran yang menyenangkan. Pada pembelajaran kali ini, pada materi bahasa Indonesia yaitu membedakan antara singkatan dan akronim dengan game yang menyenangkan. 

Kegiatan pembelajaran diawali dengan membangun pemahaman siswa tentang singkatan dan akronim melalui penjelasan guru dan diskusi antara guru dan siswa terkait materi. Setelah itu, siswa dibentuk menjadi dua team sesuai dengan arahan guru, guru memberikan nama team akronim dan singkatan, sehingga nama itulah yang menjadi acuan team tersebut mencari beberapa akronim yang sudah ditempel dipapan tulis kemudian memindahkan kekolom yang telah tersedia. Team yang paling cepat selesai dinyatakan sebagai pemenang. 

Tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran serta membangun jiwa kompetisi terhadap siswa dalam menyelesaikan suatu kegiatan.